CV. Dua Putra Petir
CV.Dua Putra Petir - Jual Besi dan Bahan Bangunan

Mengenal Sifat, Fungsi dan Ukuran Besi Beton

Tanggal :8/19/2021 3:17:00 PM Penulis : Herry Gusmara

Hai….apa Anda sudah tau mengenai produk besi beton yang sering digunakan sebagai salah satu bahan bangunan. Kali ini kami ingin menjelaskan mengenai apa sih besi beton, fungsinya, kelebihannya hingga ukuran yang dimiliki.

Istilah besi beton pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tahukah kamu seperti apa sesungguhnya besi beton itu…? Besi Beton adalah besi yang digunakan untuk penulangan konstruksi beton atau bisa disebut dengan beton bertulang. Besi beton memiliki dua bentuk, yaitu besi beton polos (plain bar) dan besi beton ulir (deformed bar).

  • Besi beton polos adalah besi yang memiliki penampang bundar dengan permukaan licin atau tidak bersirip
  • Besi beton ulir adalah besi dengan bentuk permukaan berbentuk sirip melintang atau rusuk memanjang dengan pola tertentu yang dipilin pada proses produksinya

Sifat Besi Beton

  • Besi beton ulir memiliki sifat yang sulit dibentuk, seperti dibengkokkan
  • Besi beton polos memiliki sifat yang mudah dibentuk

Mengecek kondisi besi beton merupakan salah satu langkah yang sangat penting dilakukan untuk mendapatkan besi beton yang berkualitas. Caranya bisa dengan melihat kondisi besi apakah berkarat atau tidak. Untuk besi yang berkarat akan mempercepat proses perusakan pada besi itu sendiri. Sebaiknya hindari penggunaan besi yang sudah berkarat bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Fungsi Besi Beton

  • Konstruksi Gedung

Besi beton digunakan sebagai rangka utama penyusun struktur bangunan, baik bangunan sederhana maupun bertingkat. Kemampuan besi beton untuk menarik dan menahan gaya tekan membuat besi beton cukup baik untuk digunakan sebagai tulang-tulang dalam pembangunan gedung.

  • Pembangunan Infrastruktur

Besi beton juga biasa digunakan untuk pembangunan jembatan atau terowongan. Fungsi jembatan sebagai penghubung dua area membuat jembatan harus memiliki stuktur yang kuat dengan kemampuan penahan yang besar saat dilewati. Dalam hal ini, besi beton ulir memiliki nilai lebih baik dibanding dengan besi beton polos. Ulir dalam besi beton ulir menciptakan ikatan (bonding) yang lebih kuat antar tulangannya.

Ukuran Besi Beton

Besi beton pada umumnya memiliki ukuran standar sepanjang 12 meter dengan diameter yang beragam, mulai dari 6, 8, 10, 12, 13, 16, 22, dan 25 milimeter. Demi menjamin kekuatan bangunan, pilihlah besi beton dengan diameter dan panjang yang sesuai standar. Untuk info lebih lanjut mengenai ukuran besi beton bisa klik "Ukuran dan Berat Besi Beton".

 

CV. Dua Putra Petir menyediakan besi beton dan bahan bangunan lainnya dengan kualitas terbaik dan harga superterjangkau langsung dari pabrik, hubungi CV. Dua Putra Petir!


(DPP)

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English